Motor DC Shunt: Konstruksi, Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian
Pada motor listrik, rangkaian seri dan rangkaian paralel umumnya dikenal sebagai seri dan shunt. Oleh karena itu, pada motor DC hubungan lilitan medan, serta angker dinamo, dapat dilakukan paralel yang dikenal sebagai motor DC shunt.
Perbedaan utama antara motor DC seriserta motor DC shunt terutama mencakup karakteristik konstruksi, operasi dan kecepatan. Motor ini memberikan fitur seperti kontrol pembalikan yang mudah, pengaturan kecepatan, dan torsi awal yang rendah. Dengan demikian, motor ini dapat digunakan untuk aplikasi yang digerakkan oleh belt-driven dalam aplikasi otomotif maupun industri.
Apa itu Motor DC Shunt?
Sebuah motor DC shunt adalah jenis self-excited motor DC, dan juga dikenal sebagai shunt wound motor DC. Belitan medan pada motor ini dapat dihubungkan secara paralel dengan belitan angker dinamo.
Jadi kedua belitan motor ini akan terpapar dengan catu daya tegangan yang sama, dan motor ini mempertahankan kecepatan yang tidak berubah-ubah dengan segala jenis beban. Motor ini memiliki torsi awal yang rendah dan juga berjalan pada kecepatan konstan.
Prinsip Kerja dan Konstruksi Motor DC Shunt
Konstruksi motor DC shunt adalah sama dengan semua jenis motor DC. Motor ini dapat dibangun dengan bagian-bagian dasar seperti belitan medan (stator), komutator dan angker dinamo (rotor).
Prinsip kerja dari motor DC shunt adalah, setiap kali motor DC dinyalakan, maka DC mengalir ke seluruh stator dan juga rotor. Aliran arus ini akan menghasilkan dua bidang yaitu kutub serta angker dinamo.
Di celah udara antara angker dinamo dan medan, ada dua medan magnet, dan mereka akan saling merespons untuk memutar angker dinamo tersebut.
Komutator menjungkirbalikkan angker dinamo arah aliran arus di celah biasa. Jadi medan angker dinamo ditolak dengan medan kutub untuk semua waktu, itu terus memutar angker dinamo dalam arah yang sama.
Diagram Rangkaian Motor DC-Shunt
Diagram rangkaian motor DC shunt ditunjukkan di bawah, dan aliran arus dan tegangan yang dipasok ke motor dari supply dapat diberikan oleh Itotal & E.
Dalam kasus motor DC shunt wound, arus supply akan dibagi menjadi dua cara seperti Ia, & Ish, di mana 'Ia' akan memasok seluruh belitan angker dinamo resistansi 'Ra'. Dengan cara yang sama, 'Ish' akan memasok melalui bidang resistansi 'Rsh' yang berliku.
Oleh karena itu, kita dapat menulisnya sebagai Itotal = Ia + Ish
Kita tahu bahwa Ish = E / Rsh
Atau, Ia = Itotal- Ish = E / Ra
Umumnya, ketika motor DC dalam keadaan berjalan & tegangan supply tegangan stabil dan arus medan shunt diberikan oleh
Ish = E / Rsh
Tetapi kita tahu bahwa arus angker dinamo sebanding dengan fluks medan (Ish ∝ Φ). Dengan demikian Φ tetap lebih tidak stabil, karena alasan ini; motor DC shunt wound dapat disebut sebagai motor fluks konstan.
GGL balik pada Motor DC Shunt
Setiap kali belitan motor DC shunt berputar dalam medan magnet yang dihasilkan oleh belitan medan. Dengan demikian ggl dapat distimulasi dalam gulungan dinamo berdasarkan pada hukum Farently ( induksi elektromagnetik ).
Meskipun, menurut hukum Lenz, ggl yang diinduksi dapat bertindak dalam arah terbalik menuju supply tegangan angker dinamo. Dengan demikian, ggl ini dinamai ggl balik, & diwakili dengan Eb. Secara matematis, ini dapat dinyatakan sebagai,
Eb = (PφNZ) / 60A V
Di mana
P = no. kutub
Φ = Fluks untuk setiap kutub dalam Wb
N = Kecepatan motor dalam putaran per menit
Z = Jumlah konduktor angker dinamo
A = No. jalur paralel
Kontrol Kecepatan Motor DC Shunt
Karakteristik kecepatan motor shunt berbeda dibandingkan dengan motor seri. Ketika motor DC Shunt mencapai kecepatan penuh, maka arus angker dinamo dapat langsung dihubungkan ke beban motor. Ketika beban sangat rendah dalam motor shunt, maka arus angker dinamo juga bisa rendah. Ketika motor DC mencapai kecepatan penuhnya, maka ia tetap stabil.
Kecepatan motor DC shunt dapat dikontrol dengan sangat mudah. Kecepatan dapat dipertahankan konstan sampai beban berubah. Setelah beban berubah, maka angker dinamo cenderung untuk tertunda, yang akan menghasilkan lebih sedikit ggl balik. Dengan demikian, motor DC akan menarik arus ekstra, ini akan berakibat pada peningkatan torsi dalam untuk mendapatkan kecepatan.
Jadi, setiap kali beban meningkat, hasil bersih dari beban pada kecepatan di motor adalah sekitar nol. Demikian pula, begitu beban berkurang, maka angker dinamo mencapai kecepatan & menghasilkan ggl balik ekstra
Kecepatan motor DC shunt dapat dikontrol dengan dua cara
• Dengan mengubah jumlah arus yang mengalir melalui belitan shunt
• Dengan mengubah jumlah arus yang mengalir melalui angker dinamo
Secara umum, motor DC muncul dengan nilai tegangan & kecepatan tertentu (putaran per menit. Setelah motor ini berfungsi di bawah tegangan lengkapnya, maka torsi akan berkurang.
Tes Rem pada Motor DC Shunt
Uji rem adalah jenis uji beban pada motor DC shunt. Secara umum, tes ini dapat dilakukan untuk mesin DC berperingkat rendah. Alasan utama untuk melakukan tes ini adalah untuk mengidentifikasi efisiensi dan juga dengan menggunakan tes ini, output tenaga mekanik dapat dihitung & dipisahkan sama dengan menggunakan input listrik.
Jadi ini adalah alasan untuk menghitung efisiensi motor DC, tes ini digunakan. Oleh karena itu, jenis pengujian ini tidak dapat digunakan pada mesin yang memiliki peringkat superior.
Karakteristik Motor DC Shunt
Karakteristik motor DC shunt meliputi berikut ini.
• Motor DC ini bekerja pada kecepatan tetap setelah supply tegangan diatur.
• Motor DC ini terbalik oleh putaran di sekitar koneksi motor seperti motor seri.
• Pada motor DC tipe ini, dengan meningkatnya arus motor, torsi dapat ditingkatkan tanpa mengurangi kecepatan.
Aplikasi Motor DC Shunt
Aplikasi motor DC shunt meliputi berikut ini.
• Motor ini digunakan di mana pun kecepatan stabil diperlukan.
• Motor DC jenis ini dapat digunakan di Pompa Sentrifugal, Elevator (Lift), Mesin Tenun, Mesin Bubut, Blower, Kipas, Konveyor, Mesin Spinning, dll.
Jadi, ini semua tentang pengertian Motor DC Shunt. Dari informasi di atas akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa motor ini ideal di mana kontrol kecepatan yang tepat diperlukan karena kapasitas kecepatan mengatur dirinya sendiri. Aplikasi motor ini terutama terdiri dari instrumen mesin seperti gerinda, kait & alat industri seperti kompresor dan juga kipas.